Perhimpunan Pendaki Gunung dan Penempuh Rimba (PPGPR)

Pusat Kota Jakarta Lumpuh Gara-gara Banjir

1000313-memilih-bertahan-620X310.jpg

Akibat hujan terus menerus yang mengguyur DKI Jakarta, Kamis (17/1/2013) pagi, sejumlah ruas jalan pun tergenang. Kondisi itu menyebabkan akses kendaraan bermotor menuju pusat kota, lumpuh.
Di Jakarta Timur, genangan air terdapat di hampir seluruh jalan yang kerap diakses warga ke pusat kota. Antara lain di Jalan Letjend Sutoyo yang mengarah ke By Pass, Jalan Otto Iskandar Dinata yang mengarah ke Kampung Melayu, Jalan DI Panjaitan yang mengarah ke Rawamangun serta Jalan Dewi Sartika yang bisa mengarah ke MT Haryono atau pun Jatinegara.
Ketinggian air di sejumlah jalan itu bervariasi. Di Jalan Letjend Sutoyo, genangan air mencapai betis orang dewasa hingga kendaraan hanya menggunakan jalur busway, di Jalan Otto Iskandar Dinata, ketinggian air mencapai 30 hingga 40 cm, di Jalan DI Panjaitan ketinggian air mencapai 40 hingga 60 cm dan demikian halnya juga dengan ketinggian air di Jalan Dewi Sartika.
"Iya, di Jalan Letjend Sutoyo, ban mobil saya sampai nggak kelihatan, pedagang-pedagang yang ada di tepi jalan saja sampai nggak bisa berdagang," ujar Leida Marghareta (23), salah seorang warga Ibu Kota.
Sejumlah genangan tersebut pun menimbulkan titik-titik kemacetan lalu lintas. Bagi masyarakat yang hendak ke Jalan MT Haryono melalui Jalan Dewi Sartika misalnya, ekor kemacetan sudah mulai nampak di Jalan Condet Raya dan Jalan Raya Bogor.
Demikian juga bagi warga yang menuju pusat kota melalui akses tol dalam kota. "Tol Dalam Kota stuck. Saya mau ke UKI saja dari rumah saya di Cawang sampai tiga jam yang biasanya cuma setengah jam," lanjut Leida.
Di Jalan Raya Otto Iskandardinata, bahkan kendaraan tidak bisa melintas di jalan tersebut akibat genangan air. Akibatnya, pihak kepolisian mengalihkan arus kendaraan menuju Jalan Ottista III dan tembus di Jalan DI Panjaitan, jalan yang juga digenangi air setinggi lutut.
Hingga kini, kemacetan masih terjadi di sejumlah titik-titik lain di Jakarta. Warga para pengguna jalan diimbau untuk tetap waspada dan mematuhi peraturan yang berlaku demi keselamatan dalam berkendara.

Sumber : Kompas.com

0 komentar: